ATIS, CCTV, IP Camera dan Video Streaming

ATIS ( Audio Telecomunication International System )

ATIS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan penyadapan terhadap objek yang diinginkan. ATIS merupakan generasi terbaru dari instant recall recorders (IRC) yang dapat dikoneksikan ke dalam audio source berupa telepon tetap atau ponsel GSM/ AMPS/ CDMA.  Alat itu mampu merekam dan menyadap seluruh komunikasi suara dengan kapasitas aktif lebih dari 680 menit dan 1.000 panggilan yang berbeda.

Kompresi algoritma (rancangan program komputer) yang ada di dalam ATIS dapat memperbesar kapasitas penyimpanan dengan kualitas suara yang cukup jernih.
Melalui koneksi telepon, ATIS dapat mengidentifikasi penelepon, waktu percapakan terjadi dan nomor penelepon melalui jalur RS 232 link yang sudah ada didalam perangkatnya.

Seseorang bisa saja gonta-ganti nomor ponsel, tetapi jika dia masih menggunakan ponsel yang sama, tetap saja bisa tersadap karena international mobile equipment identity (IMEI)-nya sudah terekam oleh sistem.

Alat ini memang canggih. Begitu nomor disadap, dia langsung merekam mesin ponselnya, termasuk posisi geografisnya pun bisa dilacak. Jika posisinya telah terlacak, petugas lain akan mendatangi lokasi target sambil membawa unit yang lebih portabel. Penyadapan tentu tidak bisa berlaku surut. Pembicaraan-pembicaraan sebelum seseorang disadap tidak bisa dideteksi.

CCTV ( Closed Circuit TeleVision )

CCTV

CCTV

 

CCTV adalah singkatan untuk closed circuit television alias televisi sirkuit tertutup. Ini adalah sistem di mana sirkuitnya tertutup dan semua elemennya terhubung. Hal ini berbeda dengan siaran TV di mana tunernya mengambil sinyal dari gelombang udara. (Dalam hal ini, terhubung berarti dihubungkan dengan kabel, gelombang mikro, inframerah, dll.). CCTV merupakan peralatan pengawas (surveillance) yang memonitor keadaan sekitar melalui kamera pengintai yang disebut kamera CCTV. Alat ini berfungsi mendeteksi seluruh kejadian di tempat yang ingin kita pantau, tanpa kita harus berada di tempat tersebut.

Sistem kerja CCTV secara sederhana adalah proses mentransmisikan gambar video dan suara ke sebuah atau seperangkat monitor ataupun video recorder.

Beda CCTV dengan TV Biasa

Walaupun cara kerja kamera CCTV hampir sama dengan TV biasa, yaitu mentransmisikan gambar dan suara ke sebuah monitor, namun bedanya adalah transmisi TV biasa terbuka secara publik dan bisa diakses oleh siapa saja, sedangkan signal CCTV tidak ditransmisikan secara publik. Itulah mengapa di depannya ditambahkan kata “Closed-Circuit”.

Umumnya, transmisi kamera CCTV ke monitor atau video recorder menggunakan koneksi kabel (wired) ataupun non-kabel (wireless).

Perkembangan Penggunaan CCTV

Akhir-akhir ini, penggunaan kamera CCTV untuk keamanan dan pengawasan (surveillance) menjadi semakin populer. Hal ini dapat dilihat dengan dipasangnya CCTV hampir disetiap gedung perkantoran, mall, hotel, bank, bahkan hingga ke rumah tinggal. Penyebabnya tentu saja karena semakin berkembangnya teknologi, harga pasang CCTV system yang semakin terjangkau, meningkatnya tingkat kejahatan, dan banyak masyarakat yang sudah teredukasi pentingnya penggunaan CCTV.

CCTV sebagai satu kesatuan system mepunyai beberapa perlengkapan yaitu :

  1. DVR (Digital Video Recording), merupakan alat yang berfungsi sebagai “otak” dari sistem CCTV. DVR menerima signal video dari setiap kamera CCTV, melakukan rekaman dan mengeluarkan output signal video yang dapat diteruskan ke Monitor. DVR yang beredar saat ini terus berkembang dan mengalami banyak perbaikan pada sistem kompresi dan dilengkapi dengan banyak fitur-fitur terkini. Salah satunya yaitu: DVR yang dilengkapi dengan teknologi IP-Based (Internet Protocol Based), dengan fitur ini anda dapat memantau kamera CCTV dimanapun anda berada.
  2. CCTV Camera, merupakan kamera yang diperlukan sistem CCTV dalam menerima signal video pada lokasi yang ingin dipantau. Pada umumnya CCTV Camera memerlukan adapter untuk mendapat aliran listrik yang sesuai.
  3. Hard Disk, merupakan media penyimpanan data rekaman. Hard disk ini dipasang didalam DVR, semakin besar kapasitas hard disk membuat anda dapat menyimpan rekaman lebih lama.
  4. Coaxial Cable, merupakan kabel yang menghantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau dari DVR ke monitor.
  5. Power Cable, diperlukan apabila kabel kamera CCTV yang disertakan tidak cukup panjang untuk mencapai sumber listrik terdekat.
  6. BNC Connector, connector yang dipasang pada kabel coaxial.
  7. Aksesoris instalasi seperti : electric stop contact (male dan female), kabel tease, klem dan solatip.

IP Camera

Nah setelah mengetahui tentang CCTV sekarang kita akan membahas pengembangan lebih lanjut dari CCTV yaitu IP Camera. IP Camera (internet protocol camera) diperlukan jika kita ingin memantau suatu tempat, namun tempatnya terletak sangat jauh. Saat ini IP Camera sudah mulai menjamur penggunaannya karena mudah instalasinya dan sudah banyak beredar IP Camera murah di pasaran. Dulu sebelum ada IP Camera, CCTV digunakan untuk memantau keadaan yg terkendala jarak, tapi CCTV mempunyai kelemahan yaitu terbatasnya jarak pantauan.

Kegunaan IP Camera antara lain untuk : Security, Monitoring, Live View pada website dll.

Untuk bisa membuat jaringan IP Camera dibutuhkan sedikit pengetahuan dasar jaringan komputer.

Apa itu IP Camera?

Menurut wikipedia : “An Internet protocol camera, or IP camera, is a type of digital video camera commonly employed for surveillance, and which unlike analog closed circuit television (CCTV) cameras can send and receive data via a computer network and the Internet.” Artinya kira-kira begini “IP camera adalah kamera digital yang digunakan untuk pemantauan yang dapat  mentrasfer data melalui jaringan komputer dan internet”.

Lah… Klo begitu mah, webcam juga bisa dong … ?

Yup betul webcam juga  bisa, tapi kan webcam tidak berdiri sendiri webcam masih perlu komputer dan webcam bukan untuk pemantauan.

Blok Diagram IP Camera

Block Diagram

Blok diagram IP Camera

Contoh tampak belakang sebuah IP Camera
IP Camera

Dari arah belakang
Terlihat soket ethernet untuk dihubungkan langsung ke jaringan komputer

Bagian bagian IP Camera :

  1. Lensa , gunanya untuk memfokuskan gambar.
  2. Sensor gambar (CCD atau CMOS) : digunakan untuk merubah cahaya ke signal listrik.
  3. Prosessor pengolah gambar dan compresi gambar, supaya data tdk terlalu besar data perlu di compresi.
  4. Microcomputer dan ethernet , mengontrol system dan menyambungkan ke jaringan komputer.
  5. Input Output port, gunanya untuk mengontrol lensa (fokus,zoom) , menggerakan arah kamera , menggerakan relay dll.
  6. Input Audio/ suara.

Jenis-jenis IP camera :

  1. Fix Ip camera.
  2. Dome IP Camera.
  3. PTZ (pan, tilt, zoom) IP Camera.

Jenis IP Camera

Dari segi media komunikasinya IP camera terbagi 2 yaitu :

  1. Wire IP camera
  2. Wireless IP Camera

Wireless

Wireless IP Camera, disertai Antena untuk komunikasi data

Perbedaan CCTV dengan IP Camera

CCTV adalah kamera analog dengan standar output sinyal analog  PAL atau NTSC. CCTV bisa langsung dihubungkan ke Televisi. Untuk merekam biasanya menggunakan VCR (video cassete recorder).

CCTV  –>  Monitor Televisi dan atau VCR

Apakah CCTV  analog yg sudah terpasang bisa di integrasikan kejaringan komputer/ digital?

Ya bisa, dengan menambahkan DVR (digital video recorder) atau Video Encoder.

CCTV  –>  DVR  <—–>  LAN  atau

CCTV  –>  Video Encoder  <—–>  LAN

Sedangkan output IP Camera sudah berbentuk data digital (diantaranya berformat M-JPEG atau MPEG-4) yg bisa langsung di hubungkan ke jaringan komputer.

IP Camera  <—–>  LAN

Dasar Jaringan IP Camera

Pada dasarnya menghubungkan IP Camera ke jaringan tidak jauh berbeda dgn alat-alat yang terhubung dengan jaringan komputer. Yaitu yang pertama ia harus punya alamat IP. Cara memberi (setting) alamat IP berbeda-beda untuk setiap merk. Caranya bisa dilihat  pada buku manualnya masing-masing.

Contoh jaringan sederhana IP Camera :

jaringan sederhana ip camera

Jaringan IP camera sederhana

Cara Mengakses IP Camera yang paling mudah dengan web browser semacem mozilla atau IE atau google crome. Cukup dengan mengetik alamat IP camera di web browser maka akan muncul tampilan atau menu sederhana untuk mengaktifkan IP Camera.

Untuk penggunaan yang lebih luas web browser tidak memadai lagi maka diperlukan sebuah software khusus yang bisa kita sebut dengan Software Management Video. Software ini digunakan untuk :

– Mengelola IP Camera dgn jumlah banyak.
– Merekam data video dan audio .
– Mengelola akses user.
– Melihat secara bersamaan (simultan) dari banyak Camera
– Mencari data rekaman.
– Video motion detector(VMD).
– Dll.

Oh iya, HP android bisa juga digunakan untuk IP camera lhoo. Coba deh cari aplikasi IPCAM di android market. Dengan IPCAM yang terinstall di HP Android, Camera di HP android bisa diakses oleh Laptop via Wi-Fi.
Video Streaming

Apa itu Video Streaming ?

Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.

Metode Video Streaming

Secara umum metode streaming video sangatlah sederhana, yaitu dengan membagi video dalam beberapa bagian paket yang dienkode sebelum dikirim, selanjutnya pada penerima, paket tersebut akan didekode agar bisa diputar, kegiatan ini akan terus dilakukan sampai paket video telah terkirim sepenuhnya.

Contoh :

Saya akan menonton pidato barack Obama melalui website abcnews.go.com, maka TV ABC akan memecah video Obama dalam beberapa paket yang diencode dalam sebuah file video codec seperti H.264 or WebM, selanjutnya paket tersebut dikirim dan diterima oleh user dalam bentuk bitstream yang digabungkan kembali dan disimpan dalam buffering memory bitstream tersebut kemudian diencode menjadi file bertipe FLV atau lainnya.
Nah, file inilah yang kemudian diputar oleh browser.

obama

Proses Streaming Pidato Barack Obama

Cara Kerja Video Streaming :

1. Server and Client

Video streaming terbentuk hanya karena terdapat server (memiliki jaringan serta ruang penyimpanan yang besar) dan klien (PC pribadi) yang dapat berkomunikasi dalam bentuk bit. Video Streaming bukanlah tentang bagaimana Anda dapat membaca file video yang sebenarnya, namun lebih merupakan metode pengiriman media antara dua computer.

2. Mentransfer Bit dan Bytes

Server menyimpan file video yang berisi beberapa bit dan byte – byte kode. Kode – kode ini berisi petunjuk agar pada saat yg sama computer

3. Membaca dan Menerima Film

Setelah server melakukan koneksi dengan remote client (komputer pribadi), ia mulai  mentransfer instruksi untuk memutar video di computer dalam bentuk kode stream yang berukuran kecil. Kode-kode tersebut ditransfer dalam suatu paket melalui jaringan dan di load dalam memory computer. Komputer memproses kode-kode video da kemudian menampilkannya pada layar.

4. Memerlukan Buffer

Computer menyimpan dan mengolah kode-kode video dalam file buffer, sehingga tidak harus terus menerus harus tersambung ke server. Jika koneksi terputus untuk sementara, maka server akan mengetahui sampai sejuh mana file berhasil di buffer, untuk kemudian server amakn mengirimkan kode-kode selanjutnya untuk memutar video. Komputer mendownload dan menyimpan kode-kode video dalam buffer dengan baik secara terus menerus hingga video siap dimainkan di layar.

5. Format dan Media Player

Untuk membaca kode-kode file yang diterima dari server tersebut, diperlukan suatu cara.  Jika kita langsung membukanya pada computer, Anda tidak akan tahu bahwa file tersebut adalah file video. Jadi computer menggunakan suatu perangkat lunak yang disebut media player untuk menampilkan kode-kode tersebut pada layar.Ada banyak aplikasi player yang ada, dan sebelumnya kedua server dan PC client harus mempunyai persetujuan mengenai perungkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan video

Referensi Tulisan :

6 comments
  1. anto said:

    thanks informasinya gan

    • mildsend said:

      iya, sama-sama gan.. sukses selalu yah..

  2. saya mau tanya webcam bisa di operasikan ke tv ga melalui apa jika webcam bisa di operasikan ke tv

    • mildsend said:

      Bisa. Tapi tergantung fitur yang ada di webcam dan tv nya.
      Caranya :
      1. Colokkan kabel USB ke WebCam dan pasangkan ujung kabel satunya ke colokan USB yang kosong.
      2. Pencet tombol “Input” atau “Source” yang ada di remote control TV. Tunggu sampai gambar yang ditangkap oleh WebCam muncul di layar TV.
      3. Posisikan WebCam pada lokasi yang mau kamu rekam/sorot sesuai dengan apa yg tampil di tv.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: