Anak KuPer vs Anak KoPer

Pergeseran perilaku sosial budaya kaum muda kota Jakarta dewasa ini, kalau diamati dan dicermati sungguh-sungguh memerlukan multi metode dalam upaya untuk menelitinya. Manusia, masyarakat dan sejarah, pada hakekatnya senantiasa berlalu dari pengetahuan kita, dengan hanya meninggalkan satu-dua jejak. Sehingga hanya sedikit saja yang dapat kita pahami dan sadari. Layaknya ombak dan gelombang berganti bentuk setiap detik.

Ilmu-ilmu sosial “harus” tidak terlalu dipercaya, apalagi “ilmu sosial koran” yang sifat utamanya adalah “melancong!”, melihat sekilas-lintas, memandang ala kadarnya. Demi kebenaran realitas, demikianlah sebenarnya sosok kualitas dari apa yang saya coba tuliskan ini. Jadi, jangan terlalu dijadikan pegangan. Apalagi saya hanya “minta tolong” kepada gejala-gejala sosial budaya yang rasanya tak cukup punya kepantasan untuk dijadikan titik-tolak suatu usaha pencermatan. Misalnya saja saya ingin berangkat dari kenyataan bagaimana anak-anak muda Jakarta berlalu lintas dalam dua tiga tahun terakhir ini. Lalu, bagaimana mahasiswa dan pelajar mendaftarkan diri menjadi konsumen utama bertumbuhnya pub atau lomba-lomba budaya artifisial dan superfisial sekaligus- mungkin… kontes-kontes ngawur, lomba memalsukan diri seolah-olah penyanyi, kontes kostum hitam-putih trendy, dan lain sebagainya, meskipun belum sampai pada tingkat lomba aroma ketiak atau kontes menghitung jumlah bulu hidung >_<!. Namun demikian, sudah seharusnya tidak kita lupakan juga refleksi kulturalisme melalui jenis-jenis gerakan politik mahasiswa, model-model budaya pemelukan agama dari sayap paling kanan hingga paling kiri, atau juga kaitannya dengan naif dan tololnya modus-modus acara budaya kaum muda ditayangkan tEvE, termasuk “sukses”-nya arus global de-intelektualisasi dan de-politisasi.

Jadi…
Kalau sudah begini, kawan-kawan yang baca blog ini mau memilih jadi KuPer(Kurang Pergaulan) atau KoPer (Korban Pergaulan) ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: