BBM ke Platform Lain? Hati hati blunder BlackBerry!

BlackBerry (dahulu RIM) baru saja melepas salah satu aset paling berharga mereka ke Android dan iOS. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa BlackBerry secara resmi telah mengumumkan bahwa aplikasi andalan mereka BBM (Black Berry Messenger), akan tersedia untuk platform Android dan iOS sekitar bulan Juni – Agustus.

Banyak yang bertanya, kenapa BlackBerry menempuh langkah yang terbilang absurd ini? Keputusan yang lebih terasa seperti blunder yang justru bisa meredupkan pamor dan keistimewaan handset yang mereka punya. Apakah BlackBerry sudah tidak ingin lagi berbisnis handset? Pertanyaan yang sontak terlontar di beberapa forum milis yang saya ikuti.

Terlalu naif jika kita berpendapat Black Berry akan secara bertahap menarik diri dari bisnis handset yang sudah lama mereka tekuni. Karena platform baru BlackBerry 10 yang sudah dengan susah payah mereka kembangkan, seiring dengan berjalannya waktu sudah mulai merebut perhatian dunia dan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan secara signifikan. Belum lagi pengumuman akan adanya perangkat BlackBerry 10 baru yang menyasar segmen kelas menengah dengan nama Q5. Begitu juga dengan rencana BlackBerry yang akan memperkenalkan 2 handset BlackBerry 10 di tahun ini. Salah satunya merupakan handset flagship mereka yang menggusung layar berukuran besar dan prosesor quad-core dengan kode Aristo. Apalagi keseriusan BlackBerry menggarap handset semakin dipertegas dengan dengan digulirkannya update OS 10.1 untuk perangkat Z10 dan adanya rencana update OS 10.2 dengan sejumlah fitur baru pada smester 2 tahun 2013. Memang platform BlackBerry 10 bisa dibilang masih muda dan belum matang serta masih menyediakan banyak ruang untuk berkembang di platform yang baru seumur jagung ini. Proses pengembangan awal yang sudah menghabiskan waktu hampir 2 tahun, tentu telah banyak menggerus kas mereka. Jika memang BlackBerry memiliki rencana tidak ingin berbisnis handset, seharusnya sudah dari awal mereka melakukannya, tanpa perlu bersusah payah berjudi dengan menggelontorkan kas yang begitu besar pada platform baru yang bahkan belum teruji sama sekali.

Yang menjadi pertanyaan besar sekarang : Kenapa keputusan untuk menyediakan BBM untuk platform lain dilakukan, justru pada saat platform BlackBerry 10 dan handset yang mereka perkenalkan sedang bagus-bagusnya dipasaran?!

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi rumor didunia maya, salah satunya adalah keinginan BlackBerry beberapa tahun lalu yang ingin menjual lisensi untuk OS yang mereka punya kepada produsen handset lain. Mungkin saja menurut BlackBerry ini adalah saat yang tepat untuk melepasnya karena platform yang mereka punya sedang naik daun dipasaran. Kemungkinan kedua bisa saja BBM akan dirilis untuk platform iOS dan Android sebagai salah satu alat bantu pemasaran produk-produk BlackBerry di kemudian hari tanpa harus takut kehilangan pangsa pasar yang sudah mereka miliki.

Tidak bisa dibayangkan jika suatu saat nanti akan ada 1 Milyar pengguna BBM baik di Android, iPhone maupun diplatform kebanggaan mereka sendiri BB10. Tentu dengan jumlah pengguna sebanyak itu BlackBerry bisa dengan mudah menyebarkan iklan secara langsung kepada 1 Milyar pengguna ketiga platform tersebut, ini akan menjadi alat pemasaran yang sangat menguntungkan serta murah bagi BlackBerry.

Menurut rumor yang berkembang aplikasi BBM akan tersedia untuk platform iOS dan Android dalam bentuk trial beberapa hari/ bulan, lalu setelahnya dikenakan US$ 1,-/ Bulan, jika rencana ini berjalan tentu saja aplikasi BBM ini bisa mendatangkan pendapatan yang sangat besar bagi BlackBerry, tentunya bila para pengguna Android dan iPhone berbondong bondong tertarik untuk terus menggunakan IM yang sangat baik, sudah teruji, aman dan populer ini. Meskipun pada awalnya BlackBerry hanya menjanjikan fitur sederhana pada aplikasi BBM mereka, namun seiring dengan berjalannya waktu. Mereka berjanji akan mengembangkannya, sehingga semua fitur yang ada sama lengkapnya seperti yang menempel pada perangkat BlackBerry. Jika semua rencana ini terwujud, tentu akan semakin banyak orang yang menggunakan BBM dan tentunya ini bisa menjadi ceruk pasar yang baru dan besar buat BlackBerry sehingga mereka bisa melanjutkan pengembangan kearah selanjutnya, ahh topik menarik ini mungkin akan saya bahas ditulisan selanjutnya, tapi ga janji yahh😀

Coba bayangin deh, betapa menyenangkannya jika SuperPhone seperti iPhone 5, Xperia Z, Galaxy S4, HTC One yang ada digenggaman kita, memiliki aplikasi BBM yang sangat populer di Indonesia. Wow. Wow.. wow… Amazing… Memang itu menyenangkan disisi kita sebagai pengguna tapi disisi BlackBerry sebagai produsen handset, apakah ini tidak terhitung sebagai blunder yang fatal?

Blunder atau engga, hanya waktu yang dapat membuktikannya. Namun dari persepsi saya, memang harus ada hal yang dikorbankan oleh BlackBerry (lini penjualan handset mungkin?), namun pengorbanan tersebut tentunya akan membuat ruang berekspresi yang jauh lebih besar lagi untuk BlackBerry di sisi lain. Mumpung platform yang mereka kembangkan sedang bagus-bagusnya di pasaran dan selagi momentum tersebut ada. Soo… Let we see what happen next ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: